Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak dirancang lulusannya memiliki kemampuan dibidang kecerdasan buatan.
Visi
Pada tahun 2045 menjadi salah satu program studi teknologi rekayasa perangkat lunak bidang kecerdasan buatan yang terbaik di Indonesia.
Misi
- Melaksanakan proses pembelajaran agar menghasilkan lulusan dengan kompetensi akademik yang tinggi, memiliki kemampuan kreatif dan inovatif, softskill serta etika profesional yang menonjol dengan berwawasan kewirausahaan;
- Melaksanakan penelitian untuk mendukung proses pembelajaran yang bermutu tinggi serta berkontribusi pada pengembangan ilmu bagi masyarakat nasional dan internasional dengan berupaya menggali potensi lokal;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan berkontribusi untuk memajukan masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi;
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pembelajaran untuk peningkatan kualitas pendidikan secara berkelanjutan.
Tujuan
- Menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan lulusan ahli di bidang rekayasa perangkat lunak yang kompetitif, inovatif, mandiri, disiplin, serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun global.
- Menghasilkan pengetahuan dan teknologi di bidang kecerdasan buatan dan internet of things melalui penelitian yang terintegrasi dengan kebutuhan masyarakat.
- Menghasilkan pengabdian masyarakat yang berkualitas untuk meningkatkan kompetensi masyarakat, di bidang teknologi tekayasa perangkat lunak .
- Menghasilkan produk dan jasa guna mendukung program kemitraan, kewirausahaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Profil Lulusan
Tujuan utama dari Program Studi D4 TRPL ini adalah untuk menghasilkan lulusan sebagai:
- Programmer
- Software Developer
- Database Administrator
- Information System Analyst
- Computer Support Specialist
- Perekayasa AI
- IT Enterpreneur
Kompetensi Lulusan
Kompetensi lulusan program studi D4 TRPL terdiri atas:
Kompetensi utama lulusan:
- Mampu menggunakan aplikasi perangkat lunak perkantoran untuk mendukung kegiatan rutin kantor.
- Mampu memecahkan trouble shooting perangkat komputer baik personal komputer maupun computer portable
- Mampu melakukan assembling perangkat computer portable
- Dapat menyatakan prinsip dan tatacara pelayanan informasi dan menyediakan layanan informasi terhadap klien.
- Information Ordering – Mampu memaknai informasi mengikuti pola atau suatu aturan tertentu.
- Mampu mengelola dan memelihara sistem database.
- Mampu membaca dan memilih library, framework dan pattern yang dapat digunakan dalam mengkustomisasi sistem informasi sesuai dengan spesifikasi yang diberikan.
- Melakukan problem solving untuk masalah rutin dan terprediksi dengan menggunakan sistem informasi .
- Mampu mengelola konten web.
- Melakukan perancangan sistem informasi.
- Merancang model data konseptual, lojikal dan fisik berdasarkan Software Requirement Specification (SRS) yang telah didefinisikan.
- Merancang tahap dan proses modifikasi sistem (customization) untuk manfaat baru atau meningkatkan work flow.
- Mampu merancang dan mengimplementasikan jaringan komputer baik yang memiliki cakupan dalam skala kecil maupun besar.
Kompetensi pendukung lulusan:
- Active Listening – Mendengarkan apa yang diucapkan orang, menyediakan waktu untuk berpikir sehingga dapat memahami dengan benar poin dari suatu pernyataan, bertanya secara tepat momen, dan tidak menginterupsi pembicaraan orang secara sembarang.
- Mendemonstrasikan cara mengumpulkan/Gathering, menyimpan/Storing dan mengelola/Organising Informasi.
- Menerapkan tool komputasi untuk membantu prosedur klerikel dan administratif.
- Mampu membagankan sistem informasi sederhana dengan menggunakan instrumen pemodelan.
- Mampu mendokumentasikan program secara implisit.
- Mempresentasikan perilaku aplikasi perangkat lunak kepada stakeholders dengan memperhatikan dan menerapkan prinsip komunikasi dan tool presentasi.
- Mampu berkomunikasi efektif dengan customer.
- Mendokumentasikan rancangan sistem informasi berdasarkan standar dokumentasi tertentu.
- Mempresentasikan hasil perancangan sistem informasi kepada stakeholders.
Kompetensi lainnya:
- Adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang TIK.
- Softskill (Team Building, Presentation Skills, Leadership,Teknik Negosiasi, Manajemen Perubahan dan Conflict Resolution)
Staf Pengajar
- Nunu Nugraha Purnawan, S.Pd., M.Kom.
- Tri Herdiawan Apandi, S.ST., M.T.
- Rian Piarna, S.E., M.M.
- Mohammad Iqbal, S.Kom., M.T.
- Slamet Rahayu, S.Pd., M.Pd.
- Dwi Vernanda, S.T., M.Pd.
- Haryati, S.Pd., M.Pd.
- Nurfitria Khoirunnisa, S.Tr.Kom., M.Kom.
Daftar Mata Kuliah D-III Sistem Informasi
No | Kode Mata Kuliah | Nama Matakuliah |
1 | PMU0001 | Pendidikan Aga ma |
2 | PMU0002 | Pendidikan Pancasila |
3 | PMU0003 | Pendidikan Kewarganegaraan |
4 | PMU0004 | Bahasa Indonesia |
5 | PMU0005 | Bahasa Inggris |
6 | PMU0006 | Kewirausahaan |
7 | PMI0001 | Bahasa Inggris Teknis 1 |
8 | PMI0002 | Bahasa Inggris Teknis 2 |
9 | PMI0003 | Etika Profesi |
10 | PMI0004 | Projek 1 |
11 | PMI0005 | Projek 2 |
12 | PMI0006 | Praktek Kerja Lapangan |
13 | PMI0007 | Proyek Akhir |
14 | PSI3101 | Pengolahan Data dan Informasi |
15 | PSI3102 | Pengantar Teknologi Infromasi dan Komunikasi |
16 | PSI3103 | Matematika Diskrit |
17 | PSI3104 | Pemrograman Dasar 1 |
18 | PSI3201 | Komunikasi Teknis |
19 | PSI3202 | Matematika Terapan |
20 | PSI3203 | Sistem Operasi |
21 | PSI3204 | Pemrograman Dasar 2 |
22 | PSI3205 | Manajemen |
23 | PSI3206 | Pengantar Akuntansi |
24 | PSI3301 | Pemrograman Berbasis Objek |
25 | PSI3302 | Basis Data 1 |
26 | PSI3303 | Sistem Informasi Manajemen |
27 | PSI3304 | Sistem Informasi Akuntansi |
28 | PSI3305 | Statistik dan Probabilitas |
29 | PSI3306 | Komunikasi Data dan Jaringan |
30 | PSI3401 | Analisis dan Perancangan Sistem Informasi 1 |
31 | PSI3402 | Basis Data 2 |
32 | PSI3403 | Pemrograman Web |
33 | PSI3404 | Data Mining |
34 | PSI3501 | Analisis dan Perancangan Sistem Informasi 2 |
35 | PSI3502 | Data Warehouse |
36 | PSI3503 | Sistem Pengambil Keputusan |
37 | PSI3504 | Perancangan Antar Muka |
38 | PSI3601 | E-Commerce |
39 | PSI3602 | Manajemen Proyek |